Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, yaitu > Panduan Pemrograman Pemula.

Cara Membuat Enkripsi pada DataGridView di Visual Basic .Net. Pada tutorial kali ini akan dibahas mengenai Cara Membuat Encrypsi Pada DatagridView di VB .Net 2010.

Kenapa harus di Enkripsi ? Pada contoh dibawah ini, terdapat gambar Form Admin. Dimana Field dari Form Admin tersebut terdapat : Kode, Nama, Password dan Level. Kita Fokus pada Password. Pada Form tersebut akan memunculkan Password. Jika anda sedang membuka Form tersebut dan dibelakang anda terdapat orang lain yang melihat maka SEHARUSNYA password tidak diketahui oleh orang lain. Jika diketahui maka program anda bisa di acak-acak oleh orang lain.

Oleh karena itu ada baiknya anda menggunakan Enkripsi pada DataGridView.

Cara Membuat Enkripsi Pada DatagridView VB .Net 2010
Untuk membuat Enkripsi pada datagridview cukup mudah. Yang pasti anda harus memastikan bahwa Field yang ada di Database sudah muncul di DataGridView, kemudian jika sudah muncul anda bisa menambahkan koding dibawah ini :
 
Private Sub DataGridView1_CellFormatting(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.DataGridViewCellFormattingEventArgs) Handles DataGridView1.CellFormatting
If e.RowIndex > DataGridView1.Rows.Count() OrElse e.RowIndex < 0 OrElse DataGridView1.Rows(e.RowIndex) Is Nothing OrElse DataGridView1.Rows(e.RowIndex).DataBoundItem Is Nothing Then
e.Value = Nothing
ElseIf e.ColumnIndex = 2 Then
e.Value = "*****"
End If
End Sub


Demikianlah Cara Membuat Encrypsi Pada DatagridView di VB .Net 2010, semoga bermanfaat untuk anda :)

Selain sebagai media informasi pemrograman, kami juga berbagi artikel terkait tips trik Android.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama